PENATARAN SI BEROK DI WISMA PERMATA







KOMUNITAS PENATARAN Si-BeNar dan Si-BeRok DISDIKPORA KABUPATEN KUNINGAN
SMP-MTs Se-Derajat dan SMA-SMK/MA Se-Derajat Se-Kabupaten Kuningan:

1. AEP (SMA NEGERI 1 CIDAHU)
2. AGUNG LAKSONO (SMP NEGERI 1 KADUGEDE)
3. AGUNG (SMP NEGERI 7 KUNINGAN)
4. ANDI (SMA NEGERI 1 JALAKSANA)
5. ASEP (SMA NEGERI 1 DARMA)
6. CUCU ADHIKOMARA (SMA NEGERI 3 KUNINGAN)
7. DADI CAHYADI (SMK NEGERI 1 LURAGUNG)
8. DIDIN (SMK NEGERI 1 JAGARA)
9. DIDIN KHOERUDIN (MTs NEGERI 1 JALAKSANA)
10. DODO (SMP NEGERI 1 MANDIRANCAN)
11. ENGKOS (SMK NEGERI KARNAS)
12. FIRDA (SMA NEGERI 1 CIGUGUR)
13. HARYANTO (SMK NEGERI 1 KUNINGAN)
14. IMAM SYAFEI (SMP NEGERI 1 CIPICUNG)
15. INDRIYANTO (SMP NEGERI 2 DARMA)
16. INAL ANSYAR ROZAQ (SMP NEGERI 1 KUNINGAN)
17. JAKI (MTs Negeri 1 DARMA)
18. JEPRI SUHARTA (SMP NEGERI 1 PANCALANG)
19. MOHAMMAD ANGGI (SMA NEGERI 1 CIAWIGEBANG)
20. MOHAMMAD RAMDAN (SMP NEGERI 1 JALAKSANA)
21. NANA (SMK NEGERI 1 LURAGUNG)
22. RUDI YULIANTO (SMP NEGERI 1 DARMA)
23. ROHMANSYAH (SMP NEGERI 2 SINDANGAGUNG)
24. SUNANDAR (SMA NEGERI 1 CIBINGBIN)
25. SOMALI (SMP NEGERI 2 JALAKSANA)
26. TEGUH JATI PURNAMA (MTs NEGERI MODEL CIGUGUR)
27. WAHYUDIN (SMK AUTO MATSUDA)
28. WAWAN HERMAWAN (SMA NEGERI 1 LEBAKWANGI)
29. YAYA (SMK NEGERI PERTIWI KUNINGAN)
30. YOSSI (SMA NEGERI 1 CILIMUS)
31. ZAJANG NURJAMAN (SMA NEGERI 1 DARMA)

PIONERING SCOUT SMANTIKA `1


STRUKTUR ORGANISASI





STRUKTUR ORGANISASI OSIS SMP NEGERI 1 CIPICUNG 2011-2012

PEMBINA OSIS : SUHENDRA, S.Pd.
KETUA UMUM : IMAM SYAFEI
KETUA I : ROHMANUDIN
KETUA II : MUHAMMAD RIFAI
SEKRETARIS I : DASITI
SEKRETRARIS II : RATNASARI
BENDAHARA I : IKA OKTAVIANI
BENDAHARA II : INDAH

Sekretaris Bidang I : Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
KETUA : NINA WIDIANA
ANGGOTA : NUROHMAWATI
YATI S.
NURUL B.
VESHA
DINI

Sekretaris Bidang II : Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
KETUA : ASEP SINGGIH
ANGGOTA : PUPUT P.
THOMAS S.
KIKI S.
MIA
INDRI

Sekretaris Bidang III : Pendidikan Pendahuluan Bela Negara
KETUA : SITI NURAENI
ANGGOTA : IIS HANDAYANI
NURUL ALFIANA
SRI UTARI
RUDI PRASETIYO
RIZKI

Sekretaris Bidang IV : Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur
KETUA : ARI HARIANTO
ANGGOTA : HASAN MULYANA
YUDI
ELIN ALDAMAYANTI
EVA
WINDIA

Sekretaris Bidang V : Pendidikan Organisasi, Politik dan Kepemimpinan
KETUA : ASEP HIDAYAT
ANGGOTA : TITIN
HANA
FIFIT
ANTI
RINA

Sekretaris Bidang VI : Pendidikan Keterampilan dan Wiraswasta
KETUA : IMA
ANGGOTA : EUIS
SINTA
AAN
ETI
ONI

Sekretaris Bidang VII : Pendidikan Jasmani dan Daya Kreasi
KETUA : YOYO PURBOYO
ANGGOTA : HARIS HASNUDIN
AL FEBRIAN
FITRIA ANDRIYANI
RINA NURMALA ROSALINA
DEVI PERMATASARI
ANA RUSIANA

Sekretaris Bidang VIII : Apresiasi, Persepsi dan Kreasi Seni
KETUA : SITI AISYAH
ANGGOTA : EEN CAHRENI
M. ARIF
RYAN TRI YANA
SITI NURJANAH
YENI ANGGRAENI
ERICA APRILIA PRATIWI

Carita Wayang


LALAKON DEWI NILA NINGRUM

Kacarioskeun dina Nagara Amarta diwewengkon madukara dipakampunganana kampung nyingkur sisi gunung, hejo lemoh dandaunan rajegna tutuwuhan cur-cor caina nu harerang marga satwa disarada manuk gede manuk leutik pasiliweur. Tawis nagara subur, makmur, gemah ripah loh jinawe aman santosa kertaraharja. Sepi paling towang rampog nu digawe sing pehate kaum diburuhan teu ripuh karyawan sumi sarengna. Wateg wangkoh saraja nagara raja ardilpra marta nyeta Prabu Yudistira, sekeseler barata nyaeta putrana pandu Dewa Nataswargi, semar lurah putra pawangna salaku sesepuh ieu pakampungan tumaritis ngahaja ngahaturanan linggih Astrajingga lan Dewala.
Dikampung Tumaritis Desa kenong Gorowong, hiji sepuh nu parantos kasihpuhnu pingaweruh nyaeta kakasih kisahna pralon atanapi Semar Bandranaya ngahaturanan Linggih ka Astrajingga Lan Dewala, kiwari aya parantos nu ditepikeun ku Semar Bandranaya, ngantos kana dawuh semar Bandranaya nya kitu kaayaan. Saurna:
“Tagening, Ha..ha..ha…., Anaking Astrajingga jeung Dewala payus di piagul reureus napi nuhun kanu pambage sepuh”
“Aya naon pikersaen naon ieu teh?” Saur Astrajingga jeung Dewala
“Syukur, jang kieu saperkara dewek teh sono, kaduana ti eta memang anu bade ditepikeun anu baris dipandungdeungkeun”.Saur Semar
“ Ngeunaan?” Saur Astrajingga
“Dewek teh bade boga pamajikan deui, kulantaran diridhoan ku indung silaing nyaeta sareng Dewi Nila Ningrum ti nagara Pertapan Banyu Karsana” saur Semar.
Si Astrajingga teh ngawarah bapana nyaeta Semar lantaran kudu ngahormatan si ema, ngelingkeun bapana. Semar Bandranaya teh keukeuh peuteukeuh rek ngalamar Dewi Nila Ningrum indit ka Pertapan Banyu Kancana, Semar dituturkeun ku Astrajingga rejeung Dewala nu niat rek ngalamar Dewi Nila Ningrum ka Pertapan Banyu Kancana nu kiwari jadi inceran para jajaka.
Kumargi anu kageulisanana, taya hiji lalaki nu teu katarik ku Dewi Nila Ningrum, Para nonoman nu kaedanan ku kageulisan ieu sang Putri, atuh pabeja-bejaannana nu parantos kageulisan putri teh katarik, kataji, kapati-pati nyaeta beja di partepan teh aya malati sanajan bangbara meran hiji bangbara nu henteu tiasa menangkeun ieu malati nu aya di Pertapan.
Aswatama putrana Dorna, nu kaedanan ku Dewi Nila Ningrum, lajeung wae nu bade ngalamar, atuh ma`lum hiji guru kurawa pandawa, kiwari nu bade ngalamar ka Dewi Nila Ningrum.
Aswatama jeung Pandita Dorna kalayan sarereana ngumpul mumpulung, yen kumaha carana bisa ngalamar ka eta Dewi Nila Ningrum, kusabab kitu, Aswatama geuwat ka Pertapan Banyu Kancana. Lantaran Dewi Nila Ningrum kapalayna ka pameget nu sarupaning manusa. Aswatama the kasinggung lantaran lamaran teh teu ditampi malahan nu kaluar lain Dewi Nila Ningrum, naming selirna Dewi Nila Ningrum. Nya didinya teh kajantenan perang antawisna Aswatama rejeung Pandita Permana Sidik anu oge Ramana Dewi Nila Ningrum. Lantaran eleh ku Pandita Permana, Aswatama kalayan reng-rengan mulang ka nagarana, menta bantuan ka Prabu Durgala Pati ( Raja ti nagara Jin ).
Prabu Durgala teh mere tugas ka para anak buah nyaeta ka para jin sangkan ditiap 10 meter ti tempat cicingna Dewi Nila Ningrum kedah aya nu ngawas ku dua jin sangkan si Dewi Nila Ningrum teu bisa kabur, sakabeh jin ngarti kana tugas sewing-sewang.
Ditempat sejenna Semar kalayan murangkalihna nyaeta Astrajingga rejeung Dewala parantos dugi ka Pertapan Banyu Kancana, mung aya gangguan di haling-halang ku jin pangganggu, kusabab kitu Semar amuk kacida. Didinya kajadian perang diantawisna Astrajingga, Dewala kalayan Jin. Dina eta perang Astrajingga jeung Dewala teh eleh dialungkeun ka angkasa. Di sejen tempat Prabu Yudistira ti nagara Amarta baris ka Pertapan Banyu Kancana, nanging kadangu ku saunter Astrajingga kalayan Dewala, jol wae Yudistira nulungan Astrajingga kalayan Dewala. Prabu Yudistira tumaros ka Astrajingga, bari pokna, “naha eta bias dialungkeun ka angkasa kitunya Astrajingga?”,tembalna “si Astrajingga nyaeta perang rejeung sabangsa Jin nu baris ngalamar Dewi Nila Ningrum, lajeung nanyakeun deui tujuan nganteur tuang rama baris ngalamar Dewi Nila Ningrum”. Nya Prabu Yudistira ngeujateun bari pokna, “Naha geus kolot hayang kawin deui.”
Prabu Yudistira teh jol langsung ka Nagara Pertapan Banyu Kancana, maksud baris nulungan ka eta Dewi Nila Ningrum, di hiji tempat Prabu Yudistira ngelehkeun kabeh sabangsa Jin, rejeung patepung Semar kalayan Dewi Nila Ningrum. Di dinya teh Yudistira ngajentrekeun lantaran anjeuna baris ngalamar Dewi Nila Ningrum, mung Dewi Nila Ningrum, kahoyongna ka sarupaning manusa, nya didinya oge Semar ilibiung ngajentrekeun ka sakabehna ku kituna Dewi Nila Ningrum luluh ka Semar.
Di tempat nu lain, Pandita Permana Sidik perang jeung Aswatama, Pandita teh langsung nyerahkeun ka Semar nu parantos tiasa katarima lamaranna ku Dewi Nila Ningrum, lantaran Semar bisa ngelehkeun Aswatama jeung Prabu Durgala Pati.
Pamungkas Semar teh nyampe katujuanana, nyaeta nyalametkeun Dewi Nila Ningrum, nusabenerna nyaeta Pusaka Layang Jamus Kalimusada perlambang Agung ti Nagara Amarta.

sintren

CIBINGBIN : Sintren adalah sebutan kepada peran utama dalam satu jenis kesenian. Tapi akhirnya sebutan itu menjadi satu nama jenis kesenian yang disebut sintren. Sintren asal kata sesantrian artinya meniru santri bermain lais, debus, rudat atau ubrug dengan menggunakan magic (ilmu ghaib).
Seni sintren ternyata tidak hanya hidup di daerah Kabupaten Majalengka, Indramayu dan Cirebon. Tapi juga hidup di Desa Dukuhbadag, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan.
Menurut, Udin Sahrudin, tokoh sintren di Desa Dukuhbadag, munculnya seni sintren di Kuningan belum bisa dipastikan. Sebab sampai sekarang belum ada penelitian ilmiah, tapi yang jelas sejak tahun 1930 sudah banyak warga Desa Dukuhbadag yang mengadakan pertunjukan seni sintren terutama pada acara pesta khitanan dan pernikahan.
“Dulu yang pertama kali menjadi pimpinan seni sintren di Desa Dukuhbadag yakni Ibu Warjiah, tapi saya tidak tahu pasti dari mana awal perkembangan seni sintren itu,” kata Udin Sahrudin.
Berdasarkan cerita orang tua dulu, lanjut dia, sini sintren di Dukuhbadag dibawa oleh orang dari daerah lain yang sengaja untuk mencari nafkah yakni sebagai Kukurung. Kukurung merupakan bahasa dialek masyarakat Desa Dukuhbadag yang ditujukan kepada orang yang sedang memcari nafkah dengan cara menjual jasa memanen padi.
Dia menjelaskan, mereka (kukurung) diperkirakan datang dari daerah perbatasan Kecamatan Cibingbin Kabupaten Kuningan dengan Kecamatan Banjarharja Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Diantaranya saja Desa Cibendung, Cikakak, Karangjunti, Pande, Dukuhjeruk dan Desa Randegan. Ada pula yang datang dari daerah perbatasan Kabupaten Cirebon, diantaranya Desa Tonjong, Cilengkrang, Ciledug, pabuaran, Cikulak, Leuweunggajah dan desa lainnya.
Kukurung-kukurung itu datang bukan saja ke Desa Dukuhbadag, tapi ke desa lain di Kecamatan Cibingbin antara lain Desa Bantarpanjang, Cisaat, Citenjo, Cibingbin, Desa Cibeureum dan Desa Tarikolot, bahkan sampai Desa Sukasari dan Tanjungkerta KecamatanKarangkancana. (Desa Cibeureum dan Desa Tarikolot, kini Kecamatan Cibeureum)
“Untuk melepas lelah, kukurung-kukurug itu mengadakan pertunjukan seni sintren, di halaman rumah warga tanpa mendapat upah dari pemilik punya rumah, kecuali jamuan alakadarnya,”imbuhnya.
Dikatakan, pertunjukan sintren tidak selamanya memerlukan panggung, mereka bermain di halaman rumah beralaskan tikar, para penabuh gamelan dan juru kawih sambil duduk, sedangkan sintren menari sambil berdiri lemah gemulai mengikuti irama irama gamelan.
“Konon kabarnya, anak yang sudah dijadikan sintren harus mengalami 21 kali pentas, lebih sempurna 40 kali pertunjukan. Hal ini dipercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bagi pribasdi sintrennya, terutama musibah. Setelah 40 hari biasanya rombongan seni tersebut mengadakan hajatan selamatan agar dijauhkan dari mara bahaya,” paparnya.

Seni Gembyung

Seni Gembyung merupakan salah satu kesenian peninggalan para wali di Cirebon. Seni ini merupakan pengembangan dari kesenian Terbang yang hidup di lingkungan pesantren. Konon seperti halnya kesenian terbang, gembyung digunakan oleh para wali yang dalam hal ini Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga sebagai media untuk menyebarkan agama Islam di Cirebon. Kesenian Gembyung ini biasa dipertunjukkan pada upacara-upacara kegiatan Agama Islam seperti peringatan Maulid Nabi, Rajaban dan Kegiatan 1 Syuro yang digelar di sekitar tempat ibadah. Untuk pastinya kapan kesenian ini mulai berkembang di Cirebon tak ada yang tahu pasti. Yang jelas kesenian Gembyung muncul di daerah Cirebon setelah kesenian terbang hidup cukup lama di daerah tersebut.
Gembyung merupakan jenis musik ensambel yang di dominasi oleh alat musik yang disebut waditra. Meskipun demikian, di lapangan ditemukan beberapa kesenian Gembyung yang tidak menggunakan waditra tarompet.
Setelah berkembang menjadi Gembyung, tidak hanya eksis dilingkungan pesantren, karena pada gilirannya kesenian ini pun banyak dipentaskan di kalangan masyarakat untuk perayaan khitanan, perkawinan, bongkar bumi, mapag sri, dan lain-lain. Dan pada perkembangannya, kesenian ini banyak di kombinasikan dengan kesenian lain. Di beberapa daerah wilayah Cirebon, kesenian Gembyung telah dipengaruhi oleh seni tarling dan jaipongan. Hal ini tampak dari lagu-lagu Tarling dan Jaipongan yang sering dibawakan pada pertunjukan Gembyung. Kecuali Gembyung yang ada di daerah Argasunya, menurut catatan Abun Abu Haer, seorang pemerhati Gembyung Cirebon sampai saat ini masih dalam konteks seni yang kental dengan unsur keislamannya. Ini menunjukkan masih ada kesenian Gembyung yang berada di daerah Cirebon yang tidak terpengaruh oleh perkembangan masyarakat pendukungnya. Kesenian Gembyung seperti ini dapat ditemukan di daearah Cibogo, Kopiluhur, dan Kampung Benda, Cirebon. Orang-orang yang berjasa dalam mempertahankannya adalah Musa, Rasyim, dan Karya.
Alat musik kesenian Gembyung Cirebon ini adalah 4 buah kempling (kempling siji, kempling loro, kempling telu dan kempling papat), Bangker dan Kendang. Lagu-lagu yang disajikan pada pertunjukan Gembyung tersebut antara lain Assalamualaikum, Basmalah, Salawat Nabi dan Salawat Badar. Busana yang dipergunakan oleh para pemain kesenian ini adalah busana yang biasa dipakai untuk ibadah shalat seperti memakai kopeah (peci), Baju Kampret atau kemeja putih, dan kain sarung.

KUNCEN CINGCOWONG

SOSOK Nawita, mungkin tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya Cingcowong. Dia adalah satu-satunya punduh (kuncen) Cingcowong di Kabupaten Kuningan, yang kini berusaha untuk mempertahankan nilai-nilai tradisi masyarakat Blok Wage Desa Luragung Landeuh, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan ratusan tahun lalu yang kini diperkenalkan kembali kepada masyarakat yang dikemas lewat pagelaran seni tradisi semacam teater dan bentuk tarian cingcowong.
Ditemui di rumahnya Blok Wage, Desa Luragung Landeuh, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, wanita kelahiran 66 tahun lalu itu menyebutkan, Cingcowong sebenarnya merupakan boneka yang terbuat dari tempurung kelapa dan alat penangkap ikan (bubu). Dulu, boneka ini dijadikan alat media untuk mengadakan acara ritual pada saat kemarau panjang, yakni sebuah ritual yang tujuannya agar segera turun hujan.
Terlepas percaya atau tidak dengan tradisi tersebut, yang jelas akhir-akhir ini nama Nawita banyak dikenal masyarakat termasuk pemerintah daerah, setelah dia mempertontonkan kembali Cingcowong kepada masyarakat. Tak jarang dia tampil memainkan Cingcowong dalam berbagai acara, bahkan dia tak jarang pula mendapatkan undangan untuk tampil berkolaborasi lewat sebuah tarian Cingcowong seperti dalam pagelaran Seni dan Kebudayaan mulai tingkat Kecamatan, kabupaten, bahkan pertunjukan di Cirebon dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Dengan banyaknya tampil di panggung pertunjukan, nama Nawita semakin melekat sehingga banyak orang menyebut Kuncen Cingcowong. Ada juga yang menyebut seniman Cingcowong, karena ternyata Cingcowong yang dulu hanya ditampilkan pada acara ritual itu, kini menjadi tontonan masyarakat. Bahkan, seniman lain di Kuningan berupaya untuk mengadopsi Cingcowong menjadi sebuah tarian yakni Tari Cingcowong

Pengertian

Cingcowong adalah salah satu Upacara ritual untuk meminta hujan (zaman dulu)upacara in dilakukan pada saat musim kemarau panjang ± 3 bulan tardisi awal Cingcowong atau uapacara ritual ini dipercayi oleh masyarakat khususnya Kecamatan Luragung setiap datag kemarau upacara ritual Cingcowong selalu dilaksanakan agar lahan pertanian mereka terhindar dari kemarau dan turrun hujan.
Alat yang dipakai untuk uapacara yaitu
1. Satu buah Taraje
2. satu buah samak /Tikar
3. Boneka Cingcowong yang terbuat dari batok kelapa yang dilukis menjadi Putri cantik dengan badan terbuat dari Rangkaian bamboo yang diberi Baju dan sampur serta diberi kalung yang terbuat dari bunga melati
Cingcowong ini dimainkan oleh :
1. Satu orang (Pemandu upacara )
2. 2 orang pemegang sampur ketiaka digerakan (gerakan mirip jaelangkung )
3. 2 orang pemain/penabuh buyung yang dipukul pleh kipas/hihid dan satu orangnya lagi memainkan alat musik ceneng yang terbuat dari bahan kuningan property pendukung lainya yaitu :
Berupa sesajen seperti menyan,kaca,sisir,ember.
Pada jaman dahulu upacara ini sudah menjadi tradisi dan kalau selama 3 bulan hujan belum turun maka selalu dilakukan upacara meminta hujan yang dinamakan cingcowong di perkirakan umur seni cingcowong ini ± 632 tahun.
Perkembangan Cingcowong
Untuk melestarikan seni cingcowong Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan mencoba membuat satu tarian Cingcowong dan tarian ini merupakan salah satu usaha agar tidak menjadi punah pada pertunjukanya yaitu Cingcowong tidak lagi sebagai seni ritual tetapi sudah dikembangkan dan diangkat menjadi seni pertunjukan yang disesuaikan dengan perkembangan jaman sampai sekarang seni tari Cingcowong berkembang dan sering ditampilkan pada acara-acara serimonial baik kebutuhan menyambut tamu Pemerintah dan acara hiburan lainya.
Sumber Cerita : Bidang Kebudayaan
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

;;